Kelulusan merupakan moment indah yang selalu dinanti, untuk setiap siswa dan siswi, bapak-ibu orangtua murid dan juga bapak ibu guru. Menyenangkan, sekaligus melegakan. Kerapkali menyisakan rasa haru, mendapati yang tercinta sudah memiliki salah satu pencapaian dalam hidup, untuk kembali menapaki, jalan yang lebih jauh, lebih terjal, namun mampu membentuk pribadi yang lebih kuat dan mengerti nan memahami makna hidup lain yang akan ditemui.

       Tak menjadi alasan, pun tak menjadi sesal jika kemudian pelepasan kelulusan tahun ini masih di tengah kondisi pandemi. Kembali, dengan segala cara dan upaya, cinta dan ketulusan, kami semua berusaha, memaknai kelulusan yang penuh keterbatasan ini dengan sikap ikhlas dan menerima. Sehingga tercipta apresiasi yang luar biasa antar kami, murid dan guru, guru dan murid, juga orangtua.

       Kelulusan siswa-siswi angkatan 43 tahun 2020/2021, pada tanggal 10 Agutus 2021 diadakan secara langsung dengan mematuhi protocol kesehatan yang ketat, dan akan ditayangkan secara virtual menjadi saksi bahwa rasa bangga, rasa bahagia, mengalahkan segala hambatan yang ada.

    Acara kelulusan di awali dengan lagu Mars Strada, dan dilanjutkan dengan doa pembuka, yang disampakan Bapak Indantoko. Setelah doa, dilanjutkan kata sambutan oleh Bapak Guru, wakil kepala sekolah, Bapak FX. Erlian Cahyadi, dan terakhir Bapak Triwibowo, yang menyampaikan pesan, untuk siswa – siswi tercinta yang telah lulus antara lain:

“Belajar merupakan pembelajaran sepanjang hayat, tekunlah, semoga kalian menjadi pribadi yang berkarakter baik”

“Tantangan harus ditaklukkan, memperhatikan sesama dan alam sekitarnya adalah kewajiban, dan kita berhak mengambil secukupnya”

“Tetaplah yakin, jadilah manusia yang cepat dan tanggap”

“Tetaplah berdialog dengan orang tua, meski terkadang berbeda persepsi, mereka tetap orangtua mu yang harus selalu di hormati”

“Jauhilah minum-minuman keras, narkoba yang akan menarik mu jauh dalam keterpurukan”

“Hadapi semua tantangan dengan berani, tanpa menyerah, dengan kerja keras rasa tekun dan kreatif”

      Sambutan dan penguatan dari Pak Triwibowo selaku kepala sekolah SMP Strada Marga Mulia, diharapkan mampu memberi “pegangan” untuk para siswa, jika kedepannya mengalami kebimbangan untuk melangkah ke jenjang kehidupan yang selanjutnya. Pelepasan kelulusan siswa – siswi angakatan ke- 43, dibuka dengen simbolis oleh Bapak Triwibowo, yang memberikan penghargaan kepada salah satu siswa kelas 9. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua OSIS yang baru yaitu Laura Lunetta, yang tidak lupa megucapkan rasa terimakasih kepada kakak OSIS yang telah membimbing dan membantu memperkenalkan tugas dan kegiatan OSIS kepada dirinya yang menggantikan peran sebagai ketua OSIS yang baru.

     Pelepasan pun dimulai secara berurutan dari kelas 9A, yang didampingi oleh Bapak Nardi selaku wali kelas, 9B yang didampingi oleh Ibu Lucia, 9C yang didampingi oleh Bapak Budi, dan 9D yang didampingi oleh Ibu Sisca. Orangtua murid diperkenankan untuk foto bersama dengan putra putrinya seusai pelepasan. SMP Strada Marga Mulia pun tidak lupa untuk memberikan penghargaan untuk siswa-siswi berprestasi yaitu :

  1. Ni putu Nadia Sarah Saraswati
  2. Moses Alvin Marcelo Panjaitan
  3. Condolezza Gnade Tanabi

     Seusai pelepasan, acara virtual kelulusan dilanjutkan dengan persembahan dari kelas 9A, 9B, 9C, 9D. Persembahan rasa terimakasih para siswa, untuk semua yang berperan dalam dinamika pembentukan pribadi mereka, mulai dari teman-teman, maupun para guru dirangkum menjadi lagu yang menyetuh yang dibawakan oleh Vincent dan Georgy (9A) berjudul “Remember Me”

“Remember me

Though I have to say goodbye

Remember me

Don’t let it make you cry

For even if I’m far away I hold you in my heart”

     Cuplikan lirik yang berpesan bahwa perpisahan bukan lah akhir dari segalanya, setidaknya banyak kenangan indah yang masih tersimpan dalam hati para siswa selama mengehabiskan waktu bersama disekolah. Setelah persembahan  dari 9A, 9B memberikan persembahan sebuah lagu berjudul Monochrome, dengan lirik yang menyentuh “Dimanapun kalian berada kukirimkan terimakasih, untuk warna dalam hidupku , dan banyak kenangan indah kau melukis aku.”  “tak akan aku mengenal cinta jika bukan karena hati baik mu”

    Dari lagu tersebut nampaknya canda dan tawa ketika bersama bertemu teman-teman dan guru di sekolah, seakan menghilangkan rasa penat dalam hati. Kerinduan tetap masih terasa, karena jarak yang terpisah karena pandemi yang terjadi. Persembahan dilanjutkan oleh kelas 9C, 9D, masih seputar rasa terimakasih untuk bapak ibu guru dan teman-teman angkatan 43 seperjuangan. 9C dengan  indah yang dibawakan oleh Nadine, Eleora Josephinne Widjojo 9D dengan lantunan instrumental piano menawan, dan dance dari Brigita Julia Chayani yang energik, yang melambangkan rasa semangat, keseriusan untuk tetap memberikan penampilan terakhir yang terbaik untuk semua.

    Setelah persembahan perkelas sudah di berikan, maka saat nya persembahan guru-guru untuk para siswa, ucapan selamat dari guru-guru SMP Strada Marga Mulia, dan persembahan lagu Sio Mama yang dibawakan oleh Ibu Lucia. Penutupan acara kelulusan ini ditutup dengan penampilan band, Nadine, Vincent, Juan, Gabriel,  dengan membawakan lagu berjudul See You Again, dan Hot mess Band dengan membawakan lagu berjudul Aku cinta kau dan dia. Rangkaian acara Kelulusan angkatan ke-43 pun selesai dan Pak Indan menutupnya dengan doa Penutup.

     Acara Kelulusan Siswa-Siswi Angkatan 43 berjalan dengan lancar karena adanya rasa cinta, rindu, bangga dan semangat yang berkumpul menjadi satu untuk memberikan yang terbaik sebagai tanda kasih atas perjuangan selama 3 tahun bertumbuh di SMP Strada Marga Mulia. Akhir kata terkhusus untuk alumni angkatan 43, SMP Strada Marga Mulia mengucapkan terimakasih kalian luar biasa, and

“We are always proud of you, and wish you success for your next adventure”

Untuk year book angkatan ke-43 dapat didownload di link ini: https://drive.google.com/file/d/1WQepf7yk99aFyz7tLuuI_sz98EpELhMT/view?usp=sharing

Untuk link youtube pelepasan angkatan ke-43 dapat dilihat di link ini: 

 

Written by: Valent

Edited by  : FX. Erlian

Sebarkan artikel ini